Pro Kontra Aborsi di Indonesia


Aborsi atau pengguguran kandungan dari kehamilan yang tidak diinginkan tergolong dosa besar dan haram hukumnya, aborsi bisa diterima apabila ada pengecualian yang memberatkan misal mengancam nyawa si ibu, begitu pula perempuan hamil menderita sakit berat, akibat perkosaan atau janin yang terdeteksi cacat genetik secara medis.

Sementara di Indonesia belum memiliki peraturan perudang-undangan dan fatwa yang memungkinkan pemberian pelayanan aborsi secara aman, ini mengakibatkan permintaan aborsi terhadap yang tidak berkompeten menjadi tinggi yang selanjutnya  berkontribusi terhadap angka kematian yang tinggi, rencana amandemen UU 23 tahun 1992 tentang kesehatan untuk melegalisasikan aborsi menimbulkan wacana kontroversi, pada tanggal 22 januari 2003 sejumlah tokoh agama, masyarakat dan LSM  membuat pernyataan bersama yang intinya menolak tegas legalisasi aborsi dengan alasan moralitas.

Sementara itu desakan untuk melegalisasi aborsi disuarakan oleh Yayasan Kesehatan Perempua, Perkumpulan Keluarga Berencana ( PKBI ) alasa utama adalah selain memberikan alternatif bagi yang menghadapi masalah kehamilan yang tidak diinginkan sebaiknya tidak dilihat dari wacana moral.

Tetapi berdasarkan UU no 1 tahun 1946 tetntang KUHP menjelaskan bahwa dengan alasan apapun melakukan tidakan aborsi adalah melanggar hukum, sedangkan pada UU Kesehatan 23 tahun 1992 aborsi diperbolehkan dengan alasan medis, isi UU yang saling bertolak belakang ini menimbulkan dilema bagi tenaga medis, sehingga dibutuhkan ketegasa Pemerintah dalam membuat undang-undang yang mengatur masalah aborsi.

6 Tanggapan

  1. aborsi tetap tidak dibenarkan, kecuali apabila membahayakan ibu yang mengandungnya.

  2. Wahai manusia sadarlah!ingatlah!aborsi itu dosa…..

  3. Aborsi tetap tidak dibenarkan, kecuali ada indikasi medis baik untuk ibu maupun calon anak. Hal ini berkaitan dengan moralitas. Anak yang sudah ada dalam kandungan merupakan nyawa yang sudah harus dilindungi. Kalau tidak menginginkan anak , cegah sebelum terjadi konsepsi, dengan ber KB.

  4. say”ABORTION IS FORBIDDEN” RIGHT…..!!!!!!!!

  5. ya terserah yng jalanin ajah….
    dosa’n tnggung snidri,ya kan???

    ya cuma ngiggetin klo aborsi tu sama ja mmbunuh orang yang tak brdosa….
    kasian anak masih kecil and belum menikmati indah dan pesona’a dunia ini….

    makasih

  6. saya setuju aborsi itu dosa .
    tp skrg saya lg mempersiapkand bahan debat yang intinya saya pro dgn aborsi . jd bingung😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: