Gelora Manahan


Kemana Kita Kali Ini? 1

Gelora Manahan

manahanptg1ns71.jpg kompleks-gelora-manahan-trepes1.jpg kompleks-gelora-manahan-trepes2.jpg kompleks-gelora-manahan.jpg

Salah satu andalan kami Korantarget dalam rubrik feature adalah “Kemana Kita Kali Ini“. Pada tulisan pertama ini kami akan meliput tentang “Gelora Manahan“. Untuk foto satelit kami bekerjasama dengan Googleearth sebagai penyedia layanan “online streaming” foto satelit termaju dewasa ini.

Bagi mereka yang bersekolah menengah di kota Solo kira-kira akhir dasawarsa 80-an (sebelum tahun 1991)  jika pelajaran olahraga, maka lapangan olah raga Manahan adalah tempat favorit para guru olahraga kita saat itu. Dengan luas yang bisa menampung 3 lapangan sepakbola sekaligus dalam satu lokasi menjadikan Manahan merupakan ruang publik terluas di kota Solo.

Mulai 1991, dengan diresmikannya oleh ibu negara saat itu Alm. Ibu Tien Soeharto, lapangan olahraga menjelma menjadi “Komplek Olahraga / Gelora Manahan” dimana terdiri dari beberapa venue yaitu : Lapangan sepakbola Manahan (bertaraf internasional dengan kapasitas 25.000 penonton), lapangan track balap sepeda, lapangan parkir dan perkantoran. Sayang dalam perkembangannya proyek ini sempat “mangkrak” beberapa tahun.

Pasca reformasi, di era walikota Slamet Suryanto, sempat areal Manahan menjadi tempat pasar terbuka terutama di hari Minggu pagi. Semua pkl-pkl membanjiri kompleks lapangan ini sehingga terkesan sedikit kumuh dan semrawut.

Di tahun 2007 akhir, dengan sedikit sentuhan Walikota berikutnya Joko Widodo menata ulang dan menertibkan kawasan ini sehingga lebih rapi. Yang perlu dicatat adalah penertiban dan pengaturan tersebut mengedepankan dialog dan persuasif dibandingkan aksi-aksi penggusuran yang represif. Maka menjelmalah Kompleks Gelora Manahan menjadi seperti sekarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: