Penipuan Undian Nomor Handphone, Marak Lagi


Target News

Hati-hati jika menerima telepon yang memberitahukan bahwa nomor Handphone anda berhasil menang undian yang diselenggarakan operator seluler tertentu. Pada modus operandi baru, kita yang diperdayakan sebagai pemenang tersebut diarahkan ke ATM sehingga secara tak sadar uang di nomor rekening kita terkuras.

Beberapa waktu yang lalu salah satu teman TargetNews, Sdr. AWT dengan nomor 0813296XXXXX menerima nomor telepon dari nomor 081315901868 mengaku bernama HRMT dari Telkomsel. Hrmt menyatakan bahwa teman kita ini mendapat hadiah dari undian Telkomselpoint yang mana waktu pengundiannya di Metro TV yaitu malam sebelumnya, hari Minggu malam tanggal 9 Maret 2008.

Karena hadiah nanti akan dikirim via rekening penerima hadiah, maka HRMT mengajak Awt ke ATM banknya terdekat. Disitu dengan cara-cara tertentu yang melenakan, HRMT menginstruksikan kepada AWT untuk menggunakan fasilitas “transaksi lainnya”, meminta AWT memasukkan nomor-nomor tertentu (yang diakui HRMT sebagai kode nomor transfer).

Untunglah AWT tidak begitu saja percaya dengan semua yang sudah diucapkan HRMT. Sebelum dia menuju ATM terlebih dahulu mengontak 116 (nomor bebas pulsa Telkomsel) untuk memastikan apakah benar operator seluler tersebut mengadakan undian berhadiah pada malam sebelumnya. Jawaban dari consumer service di nomor bebas pulsa tersebut menyatakan bahwa “tidak benar” bahwa ada undian atas nama Telkomsel pada Minggu malam tersebut. Saudara AWT tetap meneruskan pergi menuju ke ATM untuk mempelajari cara-cara yang dilakukan oknum HRMT tersebut dalam “penipuan” yang sudah diketahui tersebut. AWT tetap masuk ke ATM, menghubungi HRMT dan mengikuti semua petunjuk yang dimintanya. tetapi ketika diminta mengeksekusi nomor-nomor yang diminta, maka AWT segera menutup telpon dan kemudian menghubungi customer service Telkomsel untuk memblokir nomor tersebut.

Kesimpulan saudara AWT tentang kiat menghadapi penipuan seperti ini adalah :

  1. Jika benar-benar dirinya menerima hadiah undian, maka nomor yang menghubunginya adalah nomor khusus dan bukan nomor biasa.Jadi selalu periksa ke customer service operator seluler tentang ada-tidaknya kegiatan undian berhadiah tersebut.
  2. Karena customer service Telkomsel menyatakan “tidak adanya” undian berhadiah, maka memang telpon tersebut benar-benar penipuan.
  3. Modus operandi yang digunakan pelaku penipuan tersebut memanfaatkan kelengahan kita bertransaksi di ATM. Memang penggunaan mode layanan “transaksi lainnya” di ATM akhir-akhir ini banyak dikeluhkan oleh para pengguna ATM menjadi penyebab hilangnya sebagian saldo mereka.

4 Tanggapan

  1. Dear Mas Aris, artikel yang menarik. Moga semakin banyak orang yang sadar adanya ancaman penipuan di balik iming-iming dan janji sorga dari HP-nya ini. Oh ya, makasih untuk SMS Anda terkait surat pembaca saya di Kompas Jateng hari ini. Mari kita kampanye terus mengenai manfaat blog. Sukses selalu ya. Salam dari Wonogiri.

  2. Trims kembali pak, sering-sering berkunjung di koran kami, komentar-komentar bapak kami tunggu.
    Red.

  3. tadi pagi saya mendapat telepon dari seseorang yang mengaku namanya rudi hartono dari telkomsel. dia mengabarkan bahwa no saya menang undian dengan hadiah pulsa sebesar 500rb dan uang tunai sebesar Rp. 10.000.000 dan pengundiannya sudah ditayang kan di stasiun tv tepatnya Metro TV. orang tersebut mengintruksikan saya untuk pergi ke atm dan katanya akan mentransfer hadiah tersebut lewat atm. tapi saya tidak percaya sepenuhnya benar atau tidaknya.

  4. Terima kasih sekali pada blog ini karena memberikan info yang berguna buat saya..

    Hari ini kebetulan ada orang yang mengaku-ngaku orang telkomsel yang mengatakan kalau saya menang yamaha mio. Saya lalu mencari info kemudian membaca beberapa artikel diblog termasuk blog ini. Setelah itu saya langsung mengikuti saran yang ada diblog ini untuk menelephon call centre telkomsel. Berkat artikel diblog ini saya terhindar menjadi korban penipuan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: