MARAKNYA PEREDARAN OBAT DAFTAR G UNTUK ABORSI 2


MARAKNYA PEREDARAN OBAT DAFTAR G UNTUK ABORSI 2

(PERAN TIDAK LANGSUNG DOKTER)

Semarang, Target News

Peran tidak langsung dari dokter dalam praktek-praktek aborsi ilegal juga masih dijumpai di lapangan. Meskipun IDI sebagai organisasi profesi dokter sangat-sangat tegas dan aktif mengontrol anggota-anggotanya (para dokter), tetapi dalam 1 dan 2 kecolongan tetaplah ada.

Informasi terakhir dari lapangan, disinyalir ada praktek aborsi ilegal yang dilakukan oleh mantan narapidana dengan kasus yang sama di Semarang tahun 2006 baru keluar bulan Agustus 2007 (dipenjara di LP Kedungpane Semarang) dengan inisial HP alias dr. Bambang. Alamat praktek/klinik gelap berupa sebuah rumah tinggal penduduk di daerah Gunung Pati, Semarang.

Cara pelaku mengiklankan diri adalah menempel iklan di tembok/dinding daerah kampus-kampus dan lampu merah serta jembatan-jembatan di Semarang dengan berbunyi : “Iklan Terlambat Bulan hubungi PKBI (nama instansi dicatut) dengan telepon 024 70269945, dijamin sistem medis.”

Tindakan aborsi tanpa alasan medis (abortus provocatus criminalis) merupakan tindakan yang melanggar hukum di Indonesia. Pada Pasal 346 KUHP “Barang siapa dengan sengaja melakukan pengguguran kandungan baik dilakukan sendiri maupun dengan bantuan orang lain diancam dengan pidana penjara maksimal 4 tahun penjara.”

Sampai sekarang pun aturan tersebut masih berlaku, tetapi rupanya masih ada celah-celah hukum untuk menghindari aturan tersebut. Abortus Provocatus Medicinalis (Aborsi yang dilakukan karena alasan medis) diperbolehkan menurut UU di Indonesia. Alm. Prof. dr. Untung Praptoharjo, SpOG. beberapa waktu lalu sebelum meninggal pernah melontarkan istilah “prosedur bisa disiasati” dengan mengatakan bahwa prosedur aborsi dengan alasan medis tersebut dapat dilakukan berkat kerjasama antar dokter untuk menulis “rekomendasi” mengenai penyakit yang diderita pasien sehingga tindakan aborsi dapat dilakukan dengan sejumlah imbalan.  

2 Tanggapan

  1. ok

  2. pemerintah harus lebih represif melakukan penertipan…..

    mr.john
    http://www.obataborsi.co.nr/
    http://obatmanjurku.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: