RSB Fitri Kaliancar Terancam Dihentikan Operasinya


Wonogiri, Target news

Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri menghimbau pengelola RSB (Rumah Sakit Bersalin) Fitri Candra menyempurnakan IPAL (Instalasi Pengelola Air Limbah)-nya. Selain itu untuk mencegah kemungkinan muncul masalah di masa depan, DKK juga meminta pengelola RS perbaiki pola hubungan dan koordinasi dengan warga sekitar.

Kasubdin P2MPL (Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan) DKK Wonogiri, dr. Widodo mengatakan telah menugaskan personel untuk memantau RSB Fitri Candra.

Sampai kemarin Widodo mengatakan masih menunggu laporan lengkap dari jajarannya, meski begitu secara umum Widodo mengatakan sudah memahami kondisi RSB tersebut. “Maka kami menghimbau pengelola RS menyempurnakan IPAL yang sudah ada. Sehingga pengelolaan limbah benar-benar sempurna dan tidak mengganggu lingkungan,” kata Widodo lagi.

Agar betul-betul memadai Widodo mengatakan pengelola RSB diminta membangun IPAL untuk limbah basah dan kering. Karena spesifikasinya rumah sakit bersalin, maka instalasi pengolahan limbah cair di RS itu berbeda dengan RS biasa. “Limbah kamar mandi dan limbah akibat darah pasien harus dipisah. jadi minimal ada septik tank untuk pengelolaan limbah cair,” jelas dia. 

Untuk limbah padat, Widodo mengatakan bahwa prosedur standar kesehatan mengarahkan setiap rumah sakit memiliki incinerator. “Dengan instalasi itu, sampah padat bahkan jarum pun bisa dipanaskan sampai suhu ribuan derajat sehingga menjadi cairan dan tidak membahayakan orang lain,” jelasnya.

Jika pengelola RSB Fitri Candra belum bisa mengadakan alat secara mandiri, Widodo menyarankan pengelola untuk berkoordinasi dengan RSUD Wonogiri yang telah memiliki IPAL yang memenuhi syarat. Terpenuhinya semua persyaratan tersebut menurutnya bakal berpengaruh terhadap kelancaran izin operasional rumah sakit tersebut. Meski menyarankan semua itu, Widodo memastikan pihaknya tidak akan memeriksa kualitas air sumur milik warga sebab, lokasi RS relatif terpisah dengan perkampungan.

Selain limbah tersebut dan bangunan RS yang diduga menjorok ke jalan kampung, ada persoalan lain terkait RSB Fitri Candra yaitu soal izin operasional. Camat Selogiri, Drs. Bambang Haryanto, SH. mengatakan persoalan limbah malah sudah ada jalan keluar.

Izin operasional RSB Fitri Candra menurut dia berpotensi terkendala lantaran SDM yang ada di sana. Agar masalah tidak berkepanjangan, dia berharap pihak pengelola RS segera melakukan perbaikan.

Terkait izin itu Kasubdin Pelayanan Kesehatan DKK Wonogiri, dr. Sinung Pribadi mengatakan mekanisme pemberian izin RS merupakan kewenangan DKK Provinsi. Dengan alasan itu Sinung menolak berkomentar lebih jauh terkait perijinan RSB Fitri Candra.

dia hanya mengatakan prosedur perijinan RS ada aturan bakunya. Sebelum mendapat izin uji coba dilakukan tahap I, II dan III. Setiap jenjang perijinan itu perlu waktu 6 bulan. “Saat ini Fitri Candra berada di tahap uji coba ketiga,” jelas Sinung.

Satu Tanggapan

  1. Asssalamualai’kum…
    Dengan semangat 100 tahun kebangkitan bangsa, mudah-mudahan puisi yang dibawakan oleh Dedy Mizwar yang sering ditayangkan di media televisi nasional berikut menjadi kado terindah untuk kita bersama dan memberi semangat kepada kita untuk terus membangun bangsa menuju Indonesia jaya.

    Indonesia Bangkit

    Bangkit itu susah…
    Susah melihat orang lain susah
    Senang melihat orang lain senang

    Bangkit itu takut…
    Takut korupsi
    Takut mengambil yang bukan haknya

    Bangkit itu marah…
    Marah bila martabat bangsa dilecehkan

    Bangkit itu malu…
    Malu menjadi benalu
    malu karena minta melulu

    Bangkit itu mencuri…
    Mencuri perhatian dunia dengan prestasi

    Bangkit itu tidak ada…
    Tidak ada kata menyerah
    Tidak ada kata putus asa

    Bangkit itu aku…
    Untuk Indonesiaku.

    Salam Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: