Kontraktor Asing Bisa jadi Ancaman


Semarang, Target news

Agenda percepatan pembangunan infrastruktur menjadi tumpuan pertumbuhan tinggi bisnis jasa konstruksi nasional pada tahun 2008 ini. Namun dikhawatirkan besarnya belanja konstruksi 2008 tidak bisa diserap seluruhnya. Sebab banyak kendala yang dihadapipelaku industri jasa konstruksi. Misalnya keterbatasan waktu pengerjaan, kemungkinan kenaikan harga bahan bangunan dan beban pajak yang makin tinggi.

“Belum soal kemampuan bersaing dengan para tenaga ahli jasa konstruksi asing yang makin banyak beroperasi di Indonesia,” ungkap Ketua Umum Gapeknas (Gabungan Pengusaha Konstruksi Nasional) Ir. Manahara R. Siahaan di sela-sela Musda I Gapeknas DPD Jateng di Patra Semarang Convention Hotel.

Dalam Musda yang dibuka Sekda Jateng Drs. Hadi Prabowo, MM. itu, Ir. Tri Budi Purwanto akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD Gapeknas Jateng. Hadir pula dalam kegiatan ini Ketua LPJK Djoko Wahyudi.

Manahan dalam sambutannya juga menambahkan, proyeksi perekonomian nasional yang akan lebih tinggi di tahun 2008 menjadi pertanda kondusifnya bisnis jasa konstruksi. Selain itu dicanangkannya Inpres No. 6/2007 untuk percepatan pembangunan infrastruktur tentunya juga akan melibatkan banyak pebisnis konstruksi.

Alokasi Anggaran

Dalam anggaran Dep. Kimpraswil tahun ini naik hampir 50% menjadi Rp. 35,6 triliun dibanding anggaran 2007 yang hanya Rp. 24,2 triliun. Belum lagi rencana kenaikan alokasi yang dianggarkan departemen teknis lainnya. hal ini memberikan sinyal pembangunan infrastruktur memang akan dipercepat pada 2008 ini.

Bahkan masih ada alokasi anggaran Dep. Kimpraswil senilai Rp. 10 miliar untuk pembinaan  terhadap 3000 tenaga ahli bidang konstruksi serta program Sertifikasi Badan Usaha pengusaha konstruksi. Secara keseluruhan memamng APBN 2008 dianggarkan naik menjadi Rp. 860 triliun dari tahun sebelumnya yang Rp. 780 triliun.

“Sejumlah proyek infrastruktur dari sektor swasta, termasuk BUMN, seperti proyek kelistrikan, pelabuhan laut, dermaga dan pelabuhan udara, juga membuat peluang bisnis jasa konstruksi pada 2008 makin besar,”

Meski demikian lanjut dia belum tentu anggaran sebesar itu dapat diserap seluruhnya secara efektif di tahun 2008. Sebab anggaran 2007 saja tidak terserap seluruhnya, karena waktu pelaksanaan pembangunan yang sangat terbatas.

Mewakili Gubernur Jawa tengah Ali Mufiz, Sekda Jateng Hadi Prabowo berharap agar pelaku usaha jasa konstruksi meningkatkan profesionalitasnya dengan menunjukkan hasil sesuai kualitas yang diharapkan. terutama proyek yang dibiayai pemerintah, seperti jembatan, jalan, rumah sakit dan lainnya. “Masuknya kontraktor asing harus bisa diantisipasi dengan meningkatkan kualitas SDM pelaku usaha sektor ini

2 Tanggapan

  1. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/bisnis_keuangan/kontraktor_asing_bisa_jadi_ancaman/

  2. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/bisnis_keuangan/kontraktor_asing_bisa_jadi_ancaman/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: