Solo Batik Carnival 2008 berlangsung meriah


Solo, Target news 

Kota Solo mulai unjuk gigi memperkenalkan diri dalam menarik turisme. Pada Minggu (13/4) berlangsung Solo Batik Carnival (SBC) 2008. Ribuan warga memadati jalan Slamet Riyadi, jalan utama di Kota Solo mulai dari perempatan Purwosari tepatnya depan lokasi apartemen Solo Center Point (SCP) hingga Bundaran Gladak. 
Beragam atraksi ditampilkan. Ratusan peserta SBC dari kalangan pelajar, mahasiswa hingga dosen yang mengenakan kostum batik berbagai model itu mampu menyajikan suguhan yang menyedot perhatian warga. Aksi ini menandai dibukanya pelaksanaan SBC yang kemudian dibuka secara resmi oleh Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu.
Warga antusias menyaksikan jalannya pelaksanaan SBC. Mereka mulai berdatangan dan memadati sisi utara dan selatan Jl Slamet Riyadi sejak sekitar pukul 12.00 WIB.


Kemeriahan semakin terasa ketika rombongan secara satu persatu berpawai, dimulai dari pasukan berkuda, kereta kuda berpenumpang Menteri Perdagangan disusul kereta kuda berpenumpang Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Supradi Kertamenawi bersama istri, kereta rombongan duta Spanyol.
Kereta selanjutnya ditumpangi isteri Walikota dan Wakil Walikota (Wawali) Solo, kereta Dandim 0735 Letkol (Inf) Sadputro Adi Nugroho, duta heritage yang juga artis ibukota Titi Kamal, pasukan pengibar bendera (Paskibra), prajurit pariwisata, prajurit Jaga Tirta, Pokdarwis, rombongan Walikota dan Wawali dan ratusan peserta aksi show dari Jember Festival Carnival (JFC).
Rombongan berjalan dari lokasi pembangunan apartemen SCP hingga menuju panggung kehormatan di Bundaran Gladak.
Belasan peserta jatuh pingsan lantaran tak kuat berjalan kaki dari SCP hingga ke panggung kehormatan tersebut.
Akibatnya mereka terpaksa diangkut mobil ambulans yang telah disediakan panitia. Hampir sebagian besar mereka yang pingsan adalah pelajar dan peserta show batik.
Sementara jalur trotoar dipenuhi kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang menyebabkan kondisi jalan macet total. Sistem buka tutup dan rencana penutupan total ruas-ruas jalan arteri menuju Jl Slamet Riyadi tidak berjalan dengan baik. Banyak kendaraan yang leluasa masuk ke Jl Slamet Riyadi. Kendaraan-kendaraan inilah yang kemudian parkir di trotoar.
Di akhir perjalanan, peserta karnaval itu disambut meriah musik lesung dari kelompok seni lesung Sri Dewi, yang digelar di panggung kehormatan.
Sementara itu, Ketua Panitia SBC 2008, Heru Prasetya, menambahkan, karnaval itu lebih dekat pada ekspresi masyarakat terhadap batik, yang dinilai masih sangat besar. ”Sementara, karnaval batik ini merupakan salah satu upaya memperkenalkan kembali kekuatan batik kepada masyarakat, melalui ruang publik,” terangnya.
Sebelum SBC digelar, sekitar pukul 09.30 WIB kegiatan Srawung Batik diresmikan di perempatan Brengosan oleh Dirjen Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri (Deplu) Umar Hadi. Hadir dalam acara tersebut Duta Besar Spanyol untuk Indonesia Aurora Bernaldez.
 
                                                                                                                                      (dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: