5 Kecamatan di Karanganyar Rawan Kekeringan


Karanganyar, Target news

Di wilayah Kabupaten Karanganyar ada 5 kecamatan yang dinyatakan rawan kekeringan. Adapun wilayah itu yakni Kecamatan Gondangrejo, Mojogedang, Karanganyar, Jaten dan Karangpandan. Terungkapkannya ancaman kekeringan di 5 wilayah itu didasarkan pada data musim lalu.

Dinas Pertanian Karanganyar akan mencoba melalukan berbagai terobosan untuk mengantisipasi bencana kekeringan itu. Selain dengan pola SRI (System Rice Intenfication) disamping ditempuh pompanisasi terutama pada daerah pertanian produktif di 5 daerah tersebut.

 

Demikian diungkapkan Danik Sih Handayani, Kasie Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar saat ditemui pekan ini. “Kelima kecamatan tersebut adalah daerah yang paling rawan kekeringan. Karena berdasar catatan tahun 2007 ternyata memang daerah tersebut sering terjadi kasus kekeringan, “ papar Danik.

Menyikapi perubahan musim menuju kemarau, Dinas Pertanian menghimbau agar daerah di 5 kecamatan tersebut segera melakukan langkah penghematan air. ”Beberapa cara dapat dilakukan untuk menghemat air adalah salah satunya adalah menerapkan program SRI (System Rice Intenfication). Untuk sistem, SRI memang menghemat air sebab pola tanam menggunakan pupuk organik yang memiliki sifat mengikat dengan air,” lanjut Danik. Dalam hal ini air irigasi untuk tanaman padi disesuaikan dengan kebutuhan riil dari tanaman itu sendiri.

Sementara untuk pompanisasi, akan dilaksanakan dengan memperhatikan sarana irigasi di daerah tersebut. Memungkinkan atau tidaknya pelaksanaan pompanisasi akan dikaji dari hal tersebut.

(dari berbagai sumber)

2 Tanggapan

  1. aku wong gaden mojogedang, melu prihatin neng desaku ketabrak ra ono banyu, ning umpamane gelem ngaji diri bab sing ndadeke memolo iku sumingker dewe. utowo gelem olah roso. sejatine sikso, surgo, kepenak rekoso iku mung ono nggon roso. cobo to jupuken tengah-tengahe, mesti ra ono opo-opo alias nekmat, bingung ra kowe…..

  2. waw…harus dikaji ulang,,,ok..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: