Malaysia dan Filipina Subsidi Rakyatnya


Di negara kita secara drastis subsidi BBM dihapus, sementara tetangga terdekat kita Malaysia dan Filipina malah berencana subsidi rakyatnya. Malaysia, Rabu (4/6) akan mengumumkan kerangka subsidi BBM, sedang Filipina akan memberi subsidi bagi 4 juta keluarga.

Menteri Perdagangan dalam negeri Malaysia, Shahrir Samad di Kuala Lumpur mengatakan, bahwa Perdana menteri akan mengumumkan sistem mengenai subsidi bahan bakar Rabu ini. “Kami membahas rincian rencana subsidi setelah komite inflasi rapat Selasa ini. Rencana subsidi ini harus mendapat persetujuan dari kabinet,” lanjut Shahrir.

Saat ini harga bensin di Malaysia, kalau dikonversikan ke Rupiah kita adalah Rp. 5.760,- per liternya, menjadi salah satu yang termurah di kawasan Asia Tenggara apalagi setelah Indonesia menaikkan harga bensin menjadi Rp. 6.000,- per liternya. Harga murah tersebut membuat aparat pemerintah Malaysia mengambil kebijakan melarang mobil-mobil berplat nomor Thailand dan Singapura membeli bensin di perbatasan dengan Malaysia.

Filipina sementara itu memberi bantuan uang tunai langsung bagi 4 juta keluarga yang menggunakan listrik berdaya 100 kWh atau dibawahnya. Bentuk bantuan itu adalah sebesar 500 Peso atau sekitar Rp. 106.500,- per keluarga. Untuk itu pemerintah menyediakan anggaran sebesar 2 miliar Peso.

Seperti diketahui sepertiga dari 90 juta rakyat Filipina hidup dibawah garis kemiskinan menurut standar Bank Dunia, yaitu berpenghasilan kurang dari 1 dolar AS per harinya. Sehingga wajar jika presidennya mengambil langkah demikian ketika kenaikan harga BBM di pasar dunia menjadi-jadi seperti sekarang.

Nah, sekarang coba kita bandingkan dengan pemerintah kita. Apakah langkah yang diambil seperti negara-negara tetangga kita tersebut ? Atau malah makin menyengsarakan ?

                                                                                                                                        (dari berbagai Sumber)

 

  

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: