mBARANG JANTUR “BELA BANGSA”, KEPEDULIAN FBJ TERHADAP BANGSANYA


FBJ

FBJ

Surakarta Targetnews

FBJ (Forum mBarang Jantur) bekerjasama dengan KODIM 0735 Warastratama, Surakarta akan mengadakan acara “mBarang jantur, Bela Bangsa” pada hari Senin, 18 Agustus 2008 bertempat di Halaman KODIM 0735 Surakarta, Jl Ahmad Yani 349 Surakarta dimulai dari pukul 19.00 WIB.

Dalam “press releasenya” FBJ sebagai penyelenggara menyatakan bahwa acara tersebut juga akan diisi dengan Pemutaran film “Palagan Ambarawa”, Orasi kebangsaan oleh Dandim 0735, Letkol Inf. Adi Nugroho dan St. Wiyono SKar. dan mBarang Jantur dengan cerita “Spirit kumbakarna” sebagai puncak acara.

“Spirit Kumbakarna”, tokoh dunia pewayangan dalam Epos Ramayana yang walau merupakan bagian dari Negara Alengka yang Durjana, yang walau ketidak sukaannya kepada kedurjanaan itu tetapi “tugas / duty” membela bangsa mengorbankan prinsip-prinsipnya tersebut untuk tetap mempertahankan bangsa dan negaranya. Walau berakhir tragis, tetapi kiprah kepahlawanan Kumbakarna tetap dianggap tidak tercela.

Dalam hal ini relevan sekali dengan keadaan bangsa dan negara kita sekarang, dimana secara tidak langsung telah dikepung oleh semua budaya yang mempengaruhi tingkah, perilaku dan berinteraksi antar kita di masyarakat. Titik dimana penekanan tentang “pentingnya ideologi kebangsaan” untuk membangun sikap kritis dan mandiri dalam menjawab tantangan-tantangan jaman menjadi krusial.

Forum mBarang jantur sendiri dideklarasikan di Surakarta tanggal 29 Juni 2008. Di jajaran pucuk kepengurusan bertindak Bapak Setiawan sebagai Ketua, Bapak Teguh Prihadi sebagai Sekretaris dan Bapak Kus Harjanto sebagai Bendahara.

Dalam sambutannya dalam pendeklarasian Forum mBarang jantur, ketua Bapak Setiawan menegaskan bahwa Forum mBarang Jantur dibuat sebagai sebuah konstruksi media dengan pendekatan budaya untuk menyambung komunikasi dengan semua pihak. Saat ketika komunikasi oral dan verbal antar masyarakat macet, maka diharapkan komunikasi dengan pendekatan budaya dapat “mencairkan” kebuntuan komunikasi tersebut.

Dasar utamanya adalah masih banyaknya pecinta Indonesia yang mau bekerja demi kebaikan bangsa dan negara, yang risau ketika negara tercinta belum juga menampakkan arah yang cukup baik kedepan. Pilihan pendekatan budaya sebagai “bentuk aksi” ini diharapkan akan memberi efek saling mengingatkan antar kita warga “keluarga Besar Rakyat Indonesia”….Semoga Sukses Forum mBarang Jantur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: