Banyak Perusahaan di Karanganyar Tak Kirimkan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM)


KARANGANYAR (Targetnews):

Beberapa perusahaan di Kabupaten Karanganyar hingga kini masih bandel dalam menyerahkan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM). 56 daftar perusahaan, hanya 15 perusahaan yang rutin mengirimkan LKPM. Sementara surat laporan diperlukan untuk pengawasan dan pemantauan oleh dinas terkait terhadap perusahaan tersebut.

“Kita mengalami kesulitan dalam pengawasan terhadap sejumlah perusahaan. Pasalnya mereka enggan untuk mengirimkan LKPM, bahkan setahun sekali pun tidak mau,” ujar Kasie Pengawasan dan Pengendalian Subdin Penanaman Modal Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi, Riyanto Sujudi.

Perusahaan tersebut, jelas Riyanto, tergolong perusahaan besar yaitu perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan perusahaan jenis Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDA). “Sesuai dengan peraturan setiap perusahaan diwajibkan mengirim LKPM tiap semester, sehingga perkembangan perusahaan terus kita pantau,” katanya.

LKPM merupakan lembaran mirip profil perusahaan, realisasi tenaga kerja, jenis produksi yang dihasilkan, izin yang dimiliki, permodalan dan juga izin-izin serta permasalahan yang dimiliki oleh perusahaan. “Untuk kirim sekali saja selama setahun susah apalagi kirim dua kali,” keluh Riyanto.

Diakuinya, pihaknya tak mempunyai kewenangan untuk memberikan sanksi bagi perusahaan yang membandel. Pasalnya tidak ada peraturan tegas mengenai hal tersebut. “Tidak ada sanksi, sebab kita tidak punya kewenangan untuk itu,” ujarnya.

Menurut Riyanto, LKPM selain sebagai pemantau, data perusahaan juga sebagai data base tiap tahun. Sehingga dari data itu diketahui perkembangan dari perusahaan…Yaa gitu itu salah satu trik perusahaan-perusahaan yang nakal dalam menghindari pajak, hehe.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: