Setahun Listrik Tak juga Mengalir, Warga Klambu Adukan PLN ke Dewan


SEMARANG (Targetnews):

Warga di sejumlah desa di Kecamatan Klambu, Purwodadi sedang kesal. Karena itu, mereka mengadu ke DPRD Jawa Tengah. Kekesalan warga itu diakibatkan pemasangan instalasi listrik PLN di daerah tersebut berlarut-larut. Mereka kecewa atas pelayanan PLN yang tak kunjung memasang jaringan listrik.

Para warga, diwakili lima Kepala Desa menyampaikan permasalahan yang dihadapi ke Komisi D DPRD Jateng, Kamis (4/9). Salah seorang juru bicara warga yang juga Kepala Desa Taruman, Kasir menilai, terdapat keganjilan dalam proses pemasangan jaringan baru bagi warga di Kecamatan Klambu.

Menurut dia, terdapat sekitar 450 kepala keluarga di Kecamatan Klambu yang sudah hampir setahun masuk dalam daftar tunggu, namun instalasi listriknya tidak juga dipasang. “Bahkan, tidak jarang yang justru didahulukan adalah pelanggan PLN yang mengajukan pemasangan belakangan,” katanya.

Padahal, lanjut dia, warga sudah menyanggupi untuk membayar biaya pemasangan yang kisarannya mencapai Rp 1,3 juta hingga Rp 1,5 juta per rumah. Ditambahkan, para warga berharap masalah ini segera diatasi. Pengajuan pendaftaran warga ke PLN, dilakukan secara kolektif melalui program listrik cerah atau cepat dan murah.

Sementara itu, Sekretaris Komisi D DPRD Jateng, Riza Kurniawan menyatakan, DPRD segera menindaklanjuti aduan tersebut. Dia melihat terdapat sejumlah permasalahan, termasuk panjangnya daftar tunggu pelanggan baru, sedangkan PLN tidak segera mengakomodasi kebutuhan masyarakat.

Selain itu, Riza juga tidak menyangka para warga Klambu yang akan memasang instalasi listrik, menyanggupi membayar hingga Rp 1,5 juta per rumah. Padahal, menurut dia, sesuai dengan surat edaran dari PLN, biaya pemasangan instalasi baru hanya dikenakan sebesar Rp 135.000 per rumah, ditambah jaminan sebesar Rp 67.500. “Kami segera menggelar rapat internal untuk memutuskan apakah perlu memanggil pihak PLN atau segera meminta PLN memnuhi tuntutan masyarakat,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: