Perbaikan Ruas Jalan Banyuanyar-Colomadu tahap II mulai dilaksanakan


Karanganyar, Targetnews

Jalan Banyuanyar-Colomadu mulai diperbaiki dan dilebarkan. Jika untuk tahap I pelebaran dari batas kota Surakarta (Banyuanyar) sampai pertigaan soto sawah (Colomadu, Karanganyar), maka tahap II dilanjutkan sampai pertigaan Colomadu (timur komplek lapangan TNI-AU, Colomadu).

Nilai proyek adalah sekitar Rp. 994.350.000,- untuk panjang ruas jalan diperbaiki 3.300 m (3,3km). Adapun perbaikan jalan meliputi perbaikan jalan existing 5 m dan pelebaran 1 meter di sisi kiri-kanan jalan. Akibatnya maka lebar jalan akan bertambah dari 5m menjadi 7m.

Sebagai pelaksanaan pekerjaan adalah kontraktor CV. Restu Mulya, Karanganyar dengan jenis pekerjaan di lapangan ketika ditinjau (tim Red) meliputi : penggalian utntuk tambahan lebar jalan masing-masing sisi (lebar 1m, dalam 80cm) beserta penambahan struktur jalannya, pembuatan jembatan melintas saluran sepanjang 1,5m dengan lebar menyerong 13 m dan perbaikan struktur jalan lama existing bila diperlukan (as necessary).

Untuk pelebaran kanan-kiri jalan dilakukan dengan metode lapen (lapis penetrasi). Bahan material split-sirtu (3-4) untuk Subbase Coarse dengan pemadatan stamper dibantu air. Sedangkan Base Coarse berbahan sirtu 1-2 dengan pemadatan walls kecil (worker). Sementara penetrasi atas pekerjaan belum dilakukan.

Untuk pembuatan jembatan baru dalam tahap perkuatan senderan (abutmen kecil) jembatan belum sampai konstruksi plat betonnya.

Sementara untuk perbaikan jalan lama (existing) yang sudah rusak di sana-sini di beberapa lokasi sementara baru diisi dengan split-sirtu 5-7 untuk lubang yang besar serta split-sirtu 3-4 untuk yang kecil. Menurut konfirmasi kami kepada pelaksana lapangan dan Ir. Sanitioso selaku Kepala Bagian Bina Marga Karanganyar sebagai Penanggung Jawab pekerjaan dapat disimpulkan bahwa finishing perbaikan jalan existing nanti akan dibarengkan dengan finishing pelebaran jalan.

Ya semoga saja lebaran bias selesai pak biar arus mudik lewat Colomadu lancer-car. Dan juga semoga mutu jalan Banyuanyar-Colomadu tidak gampang rusak lagi di masa mendatang..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: