SMP NEGERI GEYER 2, BERUSAHA PERTAHANKAN PRESTASI


Grobogan, TargetNews

SMP Negeri 2 Geyer terus berbenah mempertahankan prestasi. SMP yang sebenarnya terletak di daerah cukup “pinggiran” dekat perbatasan dengan Kabupaten Sragen ini rupanya malah menyimpan jejak prestasi yang cukup baik. Tidak main-main ditengah banyak SMP-SMP lain yang dipusingkan dengan hasil UNAS (Ujian Nasional, Red.) yang buruk, SMP ini malah tingkat kelulusan sangat tinggi diatas 99 % untuk Tahun Ajaran yang lalu (2008-2009).

Untuk tahun ajaran ini Kepala Sekolah Budiyono, SPd. MPd tetap bertekad untuk mempertahankan prestasi dengan cara terus berbenah. Pembenahan dilakukan bukan hanya terhadap peserta didik atau murid, tetapi juga kepada jajaran pendidik atau guru-guru yang ada.

“Untuk para murid yang akan ikut ujian nasional yaitu kelas 3, kami membuat program 100 hari agar mereka mantap menempuhnya,” kata Budiyono. “Puncak-puncak program itu adalah Simulasi Ujian nasional yang penilaiannya nanti dilakukan sesuai Standar Kelulusan (SKL) nasional. Simulasi ujian dilakukan 3 kali dan setiap tahapnya selau dievaluasi hasilnya per siswa diiringi pelibatan orang tua murid untuk ikut memantau dan memotivasi anak-anaknya dalam belajar,” lanjut Budiyono.

Jajaran guru pun demikian. Mereka terus dimotivasi untuk meningkatkan car mengajarnya. Apalagi sekarang mereka tidak harus dipusingkan untuk memasukkan data penilaian siswa secara keseluruhan. “Nilai-nilai baik harian, mid semester dan semester diwajibkan untuk disetor para guru ke Tata Usaha. Disana kami siapkan tenaga-tenaga khusus yang mengerti komputer untuk mengentry semua data tersebut ke database di komputer tata usaha sekolah,” lanjut Budiyono.

Tak lupa dia juga menyampaikan bahwa Penilaian dan bobot penilaian juga distandarisasi untuk mengurangi faktor manusia like dan dislike. Bobot yaitu 60%, 20% dan 20% untuk nilai harian, mid semester dan semester. Dengan penerapan hal ini diharapkan jajaran guru bisa saling mengoreksi dan saling memotivasi serta menanggulangi setiap penurunan prestasi murid per orangnya, karena semua data nilai dapat diakses semuanya secara langsung.

Untuk mengenalkan anak murid dan jajaran guru akan dunia maya atau internet, Kepala Sekolah SMPN Geyer 2 ini juga mensiasati keterbatasan yang ada. “Karena kami belum mampu mengadakan sistem jaringan antar komputer yang ada, maka salah satu saja yang kami hubungkan dengan modem internet, dengan diberi LCD proyektor sehingga bisa dinikmati semuanya,” kata Budiono.

Demikianlah pemaparan program-program SMPN 2 Geyer untuk tetap mempertahankan prestasi akademik yang sudah dicapai selama ini. Cukup salut juga mendengar cara mereka mensiasati kekurangan-kekurangan yang ada.

(tim)

Satu Tanggapan

  1. AKU BANGGA ATAS PRESTASI yg ak raih di SMP N 2 GEYER NCH, ap lagi dg bimbingan guru2 ys sangat disiplin tgas n bijak sana………! aku alumni 2007/09

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: