DI SUKOHARJO SATPAM DEMO KE DEWAN


Sukokoharjo,Korantarget

Perwakilan Satpam pasar tradisional di Sukoharjo adukan nasib kepada anggota dewan. Ini dilakukan menyusul minimnya upah yang di terima dari Pemkab senilai hanya Rp 200.000 per bulan. Para Satpam itu menuntut pemberian upah layak sesuai upah minimum kabupaten (UMK).

Datang ke Gedung Dewan kurang lebih pukul 09.00 WIB, para Satpam tersebut diterima oleh sejumlah anggota komisi II. Menurut para Satpam itu, keberadaan mereka mewakili 47 orang Satpam yang saat ini bekerja  di bawah kendali Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kab. Sukoharjo.

“Kali pertama saya bekerja sebagai Satpam, honor per bulan senilai Rp 50.000,” ujar Suryanto seorang satpam yang ikut demo ketika dijumpai wartawan di sela-sela acara, Senin (14/12).

Suryanto menambahkan, honor senilai Rp 200.000 dari Disperindag ditambah Rp 100.000 dari paguyuban pedagang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari. Oleh sebab itu, kedatangan para Satpam hari itu adalah meminta bantuan anggota dewan untuk merealisasikan upah layak sesuai UMK.

Ketika ditanya anggota komisi II, Sumarno terkait latar belakang adanya tambahan tiga orang Satpam baru, dijawab oleh Suryanto hal tersebut atas sepengatahuan dan kompromi antara paguyuban pedagang pasar setempat dengan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD). Oleh sebab itu, ganjil apabila hal itu tidak diketahui Disperindag.

Sumarno mengatakan, tidak hanya tahun ini namun tahun lalu dewan sebenarnya juga sudah meminta eksekutif memberikan upah untuk Satpam sesuai UMK. Sayangnya, kondisi keuangan daerah tidak memadai sehingga permintaan dewan tidak bisa dipenuhi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: