KEMANA KITA KALI INI, (BURJ OF DUBAI)


Kemana kita kali ini mencoba ke mancanegara yaitu ke kota Dubai di Uni Emirat Arab. Disana ada Burj of Dubai, yang diresmikan 4 Januari 2010 lalu dan menjadi struktur gedung tertinggi di dunia.

Burj of Dubai yang sekarang secara resmi dinamakan Burj of Khalifa terletak di kota Dubai, Uni Emirat Arab. gedung ini sekarang telah resmi menjadi bangunan buatan manusia tertinggi di dunia dengan tinggi definitif 828 m. Tinggi tersebut mengalahkan bangunan sebelumnya yaitu tiang menara KVLY-TV mast, Blanchard, North Dakota yaitu 629 m (http://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_tertinggi_dunia) dan gedung Taipei 101.

Yang menarik peresmian Burj of Dubai kemarin 4 januari 2010 sebenarnya dibayang-bayangi dengan krisis finansial hebat yang melanda perusahaan terbesar negara UAE, Dubai World. Krisis finansial ini bukan hanya menyebabkan impian-impian menjadikan Dubai, “surga bangunan-bangunan mengagumkan” banyak yang di reskedul ulang.

“Kabar tentang akuisisi dan penundaan beban hutang oleh Grup Dubai World tersebut dikeluarkan pada tanggal 25 November lalu. Begitu kabar itu tersebar, dampak negatifnya segera mengguncang bursa saham seluruh jagad. Sejumlah badan evaluasi kredit internasional berturut-turut menurukan level penilaian hutang badan terkait Dubai, sebagian badan yang bertingkat investasi bahkan diturunkan sampai tingkat sampah. Pada tanggal 26 bulan ini, harga saham yang dimiliki berbagai bank Eropa sebagai pemegang hutang Dubai berturut-turut menurun tajam, sementara itu, indeks bursa utama Eropa menurun 3% ke atas. Bursa saham AS kebetulan tutup pada tanggal 26 November untuk merayakan hari raya Thanksgiving Day. Pada tanggal 27, bursa saham AS dibuka rendah. Di Jepang dan Korsel, harga saham di bursa juga rontok. Di Tiongkok, harga saham di bursa menurun tajam,” (CRI online 30/11/2009 :  http://indonesian.cri.cn)

Tetapi bagaimanapun Burj of Dubai ini tetap merupakan bentuk pencapaian rekayasa infrastruktur yang mengagumkan. 160 lantai (paling banyak lantai dibangun) dan dengan lift tercepat berkecepatan 60 km/jam atau 16,7 m.detik. Bayangkan saja kita naik ke lantai teratas dengan menggunakan lift tersebut yang kecepatannya sama dengan sepeda motor kita di saat ngebut..waw !

Dalam segi pembuatan, Burj of Dubai adalah proyek multi-nasional yang dikerjakan begitu banyak perusahaan dari berbagai negara. Didesain oleh Skidmore, Owings, and Merrill, sebuah konsultan arsitektur di Chicago, AS. sementara pengembang proyek tersebut adalah Emaar Properties yang merupakan salah satu pengembang real estate terbesar di UAE. Kontraktor proyek dipegang oleh Samsung bersama Besix dari Belgia dan perusahaan lokal Arabtec. Burj Dubai terletak di Sheikh Zayed Road tepatnya perempatan Doha Street.Artinya dana Arab, didesai oleh Amerika dan dikerjakan Korea dan belgia, waw lagi !!

Okelah kalo begitu nikamati clips youtube tentang review pembangunannya dan mengunjungi website resminya di http://www.burjdubai.com.

(dari berbagai sumber)

Satu Tanggapan

  1. wah bangunannya tinggi juga, ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: