7 CALON BERMASALAH DI PILKADA JAWA TENGAH


Semarang, Korantarget

Di tahun 2010 ini ternyata ada 17 Kabupaten atau kota di Jawa Tengah yang akan mengadakan Pilkada (Pemilihan Kepala daerah, red). Sayang dalam proses pencalonannya ternyata ada dugaan bahwa terdapat 7 orang calon yang maju “bermasalah”  secara hukum terkait korupsi.

Adapun ke 17 kabupaten/ kota yang akan melaksanakan pilkada itu bisa dilihat dari weblog salah satu Fraksi di DPRD Jateng ini (klik disini). Jadwal dimulai di Kabupaten Pekalongan (7 April yang akhirnya ditunda karena baru ada 1 calon saja, Kompas 15/2), Kebumen (11 April) dan diakhiri di Kabupaten Pemalang (31 Oktober).

KP2KKN Jateng (Komite Penyelidikan dan Pemberantasan Korupsi Kolusi dan Nepotisme Jawa Tengah, red) yang beralamat di Jl Lempongsari Timur Semarang melansir ada 7 calon kepala daerah yang terindikasi korupsi itu.  Hal ini seperti diungkapkan sekretaris KP2KKN, Eko Haryanto di kantornya tersebut (Sabtu (27/2).

Ketujuhnya yakni Moch Salim (Cabup Rembang), Siti Nurmakesi (Cabup Kendal), Soemarmo (Calon Walikota Semarang), Joko Widodo (Calon Walikota Solo), Hadi Rudyatmo (Calon Wawali), Budi Prasetya (Calon Walikota Magelang), dan Bambang Margono (Cabup Sukoharjo).

Para calon berasal dari unsur kepala daerah, yakni walikota/bupati dan wakil walikota/wakil bupati, dan unsur birokrasi. Tahapan kasusnya mulai dari pelaporan masyarakat, penyelidikan penegak hukum, hingga telah divonis pengadilan.

Kita harapkan saja bahwa permasalahan ini dapat segera jelas, terang benderang serta tidak akan menghambat proses Pilkada itu sendiri.  Dan bagi para calon yang bermasalah tersebut, semoga dugaan tersebut tidak terbukti, sehingga fairness proses Pilkada lebih terjamin nantinya.

Bagaimanapun kita semua telah lelah dengan pertunjukan hal-hal tidak bermutu dalam pilkada seperti “black campaign” dan “character assasination”. Ketidak-segeraan penuntasan kasus-kasus ini jelas akan menumbuh-suburkan praktek-praktek tidak sehat tersebut. Semoga Pilkada Jateng 2010 aman, terkendali serta kondusif…amin.

(dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: