CELINGAK-CELINGUK DAN BAWA HP, PENGAWAS UN DAPAT SANKSI


Rembang, Korantarget

Lagi-lagi contoh tidak baik dilakukan guru di jajaran Diknas Kabupaten Rembang. Pengawas UN 2010 yang juga seorang guru dianggap terlalu over celingak-celinguk ketika mengawasi Ujian Nasional SMA di SMA N 3 Rembang.

Oknum yang merupakan guru di SMA N 1 Rembang tersebut bahkan secara berlebihan menggunakan HPnya di ruang ujian. Padahal ujian masih berlangsung sehingga mengganggu kosentrasi para siswa yang ujian tersebut.

Kejadian terjadi hari Selasa (23/3), yaitu hari kedua pelaksanaan UN SMA 2010. Oknum guru berinisial GLH tersebut diakui para murid sering mondar-mandir bahkan membolak-balik kertas soal yang ada di meja siswa-siswa yang sedang ujian. Sambil membolak-balik kertas ujian, GLH juga diakui terlihat celingal-celinguk sambil menggunakan HPnya.

Kontan perilaku tersebut diingatkan salah satu siswa. Bukannya menuruti GLH malah marah

sehingga membuat suasana ruang ujian gaduh dan tak nyaman.

Kemarahannya kemudian dilampiaskan dengan menarik paksa lembar soal dan jawaban milik siswa, saat ujian berakhir. Bahkan sempat terjadi insiden tarik-menarik lembar soal dan jawaban antara salah seorang peserta ujian dengan Galuh. Meski akhirnya siswa tersebut mengalah.

Tak pelak, kondisi tersebut membuat siswa gemetaran. Beberapa diantaranya bahkan ada yang menangis dan menjerit histeris.

Kebetulan Kabid Kurikulum Dinas Pendidikan (Disdik) Rembang Dandung Dwi S, yang tengah melakukan monitoring pelaksanaan ujian di SMA 3 Rembang. Kejadian itu tak luput dari perhatiannya. Dandung pun ketika ditanya memang membenarkan insiden tersebut.

“Dalam peraturannya memang tak dibenarkan pengawas atau siswa membawa alat komunikasi seperti handphone ke ruang kelas, apalagi sampai membuat kegaduhan,” katanya.

Kejadian itu telah dicatat oleh tim pemantau ujian nasional dan dilaporkan dalam berita acara pelaksanaan UN, lanjut dia.

“Setelah kejadian itu, oknum guru itu mendapat sanksi tak diperbolehkan lagi ikut mengawasi ujian nasional tahun ini,” tegasnya.

(dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: