TEMPAT KARAOKE DAN CAFE AKAN DI TERTIBKAN


Fakta12, Grobogan

Forum Penegak Perda Kabupaten Grobogan baru – baru ini di ruang Setda Lantai 3 Jln. Gatot Subroto No. 6 Purwodadi sepakat akan menertibkan dan menindak pelanggaran perda yang dilakukan oleh pengusaha tempat karaoke dan kafe yang saat ini tengah menjamur. Tempat karaoke dan kafe tersebut disinyalir belum banyak yang berijin, sehingga dianggap liar, serta melanggar perda No. 10 tahun1998 tentang mekanisme perijinan, Perda No. 5 tahun 2000 tentang ijin gangguan dan Perda No. 2 tahun 2000 Tentang Pengawasan Dan Pengendalian Peredaran Minuman Beralkohol.

Hadir dalam acara itu Kepala Sat Pol PP Kabupaten Grobogan Drs. Daru Wisakti yang didampingi oleh Kasat Intelpam Polres Grobogan AKP Andi wahyono SH.MH, SKPD terkait dan Kasi Trantib Se- Kabupaten Grobogan. Terungkap dalam Forum itu bahwa banyak ditemukan pelanggaran di karaoke dan kafe yang salah satunya masuk dalam kategori pelanggaran berat. Ada juga yang diduga memperkerjakan anak yang masih usia di bawah umur. Hal ini sangat memprihatinkan semua pihak, karena perusahaan tempat karaoke dan kafe diduga telah melanggar peraturan perundang – undangan tentang ketenagakerjaan yang dalam perda tersebut menyebutkan dengan jelas bahwa yang boleh bekerja adalah anak yang sudah berusia 18 tahun. Demikian pula disinyalir ruangan tempat karaoke yang di buat tertutup dapat disalahgunakan untuk berbuat mesum.

Forum Penegak Perda Kabuten Grobogan merumuskan bagaimana sebaiknya desain tempat karaoke dan kafe yang selama ini tertutup, dan situasi di dalamnya yang nampak remang – remang bisa dibuat menjadi tranparan, misalnya separuh dari ruang mengunakan kaca putih transparan. Keberadaan tempat karaoke dan kafe yang telah menyebar di pelosok desa akhir akhir ini dianggap telah meresahkan masyarakat. Sebab disinyakir ada juga anak – anak sekolah bebas keluar masuk di tempat karaoke dan kafe itu. Dan parahnya ditempat karaoke dan kafe itu juga diduga dengan sengaja menyediakan dan menjual minuman keras tanpa ijin, sehingga sudah barang tentu melanggar Perda No. 2 tentang Pengawasan dan Pengendalian Peredaran Minuman berarkohol. Forum Penegak Perda Kabupaten Groboganseapkat akan menindak tegas pelanggaran ini, karena dikuatirkan peredaran miras yang tidak terkendali ini dapat merusak moral generasi muda dan anak sekolah.

Menjamurnya tempat karaoke dan kafe di kabupaten Grobogan bukan tidak beralasan. Adanya rumor bahwa usaha tersebut sangat menggiurkan. Konon pengusaha tempat karaoke dan kafe rata – rata dapat memperoleh keuntungan bersih rata – rata 30 juta per bulan. Tetapi sayangnya tempat karaoke dan kafe yang semula tujuannya baik, yaitu sebagai tempat sarana hiburan bagi masyarakat penggemar karaoke dan kafe banyak yang disalahgunakan dan melanggar kepentingan umum.

Sebagai salah satu contoh tempat karaoke dan kafe yang sengaja di dirikan di tengah – tengah pemukiman penduduk yang proses ijinya hanya melibatkan ketua RT/RW setempat, dan bukannya berdasarkan kesepakatan seluruh warga masyarakat di daerah itu. Sehingga yang terjadi kemudian, ada warga yang keberatan karena sebelumnya merasa tidak pernah dilibatkan dan belum pernah menyetujui keberadaan tempat karaoke dan kafe itu.

Ada juga tempat karaoke dan kafe yang dekat sekali dengan tempat kos anak – anak sekolah dan dekat dengan tempat ibadah. Kondisi ini jelas berdampak negatif dan sangat menggangu ketentraman kehidupan masyarakat yang berada disekitarnya, pasalnya banyak pengunjung karaoke dan kafe yang kadang – kadang membuat keributan dan mabok miras sehingga hal itu menimbulkan keresahan.

Sementara itu menurut Daru Wisakti dibentuknya forum penegak perda yang melibatkan Polres Grobogan dan unsur SKPD, FKUB terkait adalah adanya pelanggaran perda di kabupaten Grobogan yang tidak dapat diselesaikan sendiri oleh Sat POL PP, maka dibentuklah forum ini. Dan selanjutnya berdasarkan masukan saran dan pendapat serta kesepakatan forum akan segera direkomendasikan kepada Bupati Grobogan untuk di tindaklanjuti. (ww)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: